top of page

LDKS, SERU TIDAK?

SMP Labschool Jakarta telah mengadakan LDKS 2020 untuk melatih kepemimpinan siswa. Lalu bagaimana pelaksanaannya? Simak!


Oleh : Ari Hans Wijaya



Hanspost.wixsite.com - LDKS adalah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. LDKS merupakan program-program yang telah diterapkan di banyak sekolah saat ini.


Mengingat di masa pandemi ini, SMP Labschool Jakarta mengambil keputusan untuk melaksanakan LDKS via daring lewat aplikasi zoom meeting.


Sebenarnya, LDKS akan lebih maksimal jika dilaksanakan secara langsung, karena memang ada beberapa bagian acara LDKS yang seharusnya diawasi langsung oleh guru/panitia seperti tes fisik.


Tetapi, daripada tidak sama sekali, SMP Labschool Jakarta bersama siswa dan siswi tetap melaksanakan acara LDKS via daring.


LDKS SMP Labschool Jakarta dilaksanakan pada tanggal 20 - 21 Juli 2020. Yaitu, dilaksanakan dari pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.


Seluruh siswa dan siswi kelas 8 SMP Labschool Jakarta wajib mengikuti seluruh rangkaian acara LDKS.


Ada 1 siswi dari kelas 9 juga yang mengikuti LDKS. Karena dia merupakan siswi pindahan dari sekolah lain sehingga harus mengikuti acara-acara kelas 8 di SMP Labschool Jakarta.


Kegiatan LDKS sangat perlu dilaksanakan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Karena LDKS bertujuan untuk melatih mental dan sifat kemandirian siswa serta pengembangan karakter siswa.


Selain itu, LDKS juga dapat membuat siswa menjadi seseorang yang menghargai waktu, karena di LDKS semua serba terjadwal sehingga siswa harus mengikuti jadwal tersebut dan tidak boleh telat.


"LDKS sangat diperlukan untuk pembentukan karakter siswa SMP Labschool Jakarta"ujar Pak Asdi (Kepala Sekolah SMP Labschool Jakarta). Pak Asdi juga menyampaikan bahwa LDKS sangat penting untuk melatih mental dan jasmani para siswa.



Di SMP Labschool Jakarta, mula-mula sebelum LDKS dilaksanakan para guru memberikan briefing kepada siswa-siswi tentang jadwal LDKS yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juli 2020.


SMP Labschool Jakarta memutuskan untuk membagi para siswa-siswi menjadi beberapa kelompok sesuai urutan absen dan di kelompok tersebut terdapat 2 kakak pendamping dari OSIS/MPK. Fungsi dari kakak pendamping adalah menyalurkan info-info tentang LDKS kepada adik kelas 8.


Foto di bawah merupakan susunan acara LDKS SMP Labschool Jakarta.

Untuk kegiatan tes fisik, para siswa diharuskan untuk mengunduh aplikasi strava. Aplikasi strava dapat dijadikan sebagai aplikasi yang bisa mengetahui aktivitas olahraga para siswa, sehingga dari situ kakak pendamping dapat melihat aktivitas olahraga siswa.


Para siswa juga diharuskan untuk mengisi formulir yang bertujuan untuk membuktikan bahwa para siswa memperhatikan materi yang diberikan oleh pemateri lewat aplikasi zoom meeting.


Sayangnya, tidak sedikit siswa yang mengeluh bahwa mata mereka lelah karena terus-menerus menatap layar gadgetnya. Tapi, guru-guru dengan sigap menerima saran tersebut dengan cara menambah waktu istirahat.


LDKS SMP Labschool Jakarta dilakukan dengan sangat baik dan lancar. Mengingat di masa pandemi ini, tapi para guru, OSIS, dan MPK tidak kehabisan akal dalam menjalankan LDKS.


Foto Kegiatan LDKS













bottom of page