top of page

Sekarang Youtube Sampah?

Kali ini saya akan bahas konten-konten viral yang dianggap sampah yang ada di youtube tahun ini. Apakah benar sekarang konten youtube sampah?



“Youtube was cool, now it's just a business.”

Konten Youtube Sekarang


Seperti yang kita ketahui, belakangan ini youtuber-youtuber lama mengeluhkan keresahannya mengenai konten-konten youtube sekarang. Mereka mengeluhkan bahwa sistem youtube tidak benar dan harus diganti.


Topik ini kembali terkenal karena baru saja youtuber lama youtube mengungumkan bahwa mereka pensiun dari youtube. Dikutip dari perkataan youtuber tersebut dalam video perpisahannya, "Youtube was cool, now it's just a business." Perkataan tersebut diucapkan dengan maksud bahwa menyindir youtuber-youtuber sekarang yang membuat konten hanya demi uang.


Menurut saya, konten-konten youtube sekarang memang sampah. Silahkan lihat yang ada di trending, banyak video-video prank settingan dan ditonton oleh banyak orang, dan mirisnya banyak orang masih percaya dengan video tersebut.


Gambar di bawah adalah contoh prank settingan.

Menurut saya, itu adalah tindakan yang kurang tepat, dikarenakan video itu termasuk pembodohan publik. Pikirkan bagaimana jika yang menonton video itu anak kecil? Otak mereka akan tercuci sejak dini oleh konten-konten yang tidak ada manfaatnya.


Seperti yang kita lihat, sekarang youtube dipenuhi oleh artis tv. Mungkin itu yang dimaksudkan perkataan dari Jovial Da Lopez "- it's just a business." Karena mungkin artis tv melihat peluang besar di youtube lalu membuat channel youtube yang berisi konten tidak berfaedah.


Perlu diketahui, yang saya maksud artis tv bukan semuanya. Melainkan hanya beberapa artis tv yang membuat konten settingan.


Apakah Prank Settingan Termasuk Hoax?


Menurut saya iya. Hoax adalah berita/informasi palsu/tidak sesuai fakta yang dibuat dengan tujuan tertentu. Prank settingan mengandung peristiwa yang disampaikan tidak sesuai fakta sebenarnya. Mungkin sekilas menurut anda prank settingan tidak merugikan siapapun, tapi jika dipikir-pikir lagi, prank settingan bisa membuat pemikiran generasi penerus bangsa rusak dan tidak bisa memandang sesuatu lebih luas.


Fyi, untuk merespon hoax, saya sudah cantumkan poster tentang panduan cara merespon hoax di bagian kiri Home website ini.


Bagaimana Cara Membersihkan Youtube dari Konten Sampah?


Menurut saya sistem youtube tidak salah, karena saya tahu bahwa konten viral di youtube ditentukan oleh banyak penontonnya.


Kita sebagai generasi penerus bangsa harus meramaikan konten-konten yang bermanfaat dan membagikannya kepada orang lain agar video tersebut ditonton banyak orang, sehingga bisa menjadi tren di youtube.


Kita juga harus mengingatkan kepada orang lain yang masih menonton video yang tidak berguna untuk berhenti membagikannya dan berhenti menontonnya. Pandu mereka agar merubah tontonannya menjadi yang bermutu dan berfaedah.


Saya tahu selera tontonan orang beda-beda, tapi jika masih ada youtuber yang membuat konten lucu, bagus, dan real, kenapa tidak?


Penutupan

Terima kasih untuk kalian yang sudah membaca pendapat saya di website ini. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berdo'a! See you on next page!

bottom of page